slot demo

SBTPS Diresmikan, Gubernur Harapkan Sinergi Pembinaan dan Pengawasan Samsat

Tanjung Selor - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang S.H., M.Hum, bersama Wakil Gubernur Dr. Yansen TP., M.Si., meresmikan ruang Sekretariat Bersama Tim Pembina Tim Pembina Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat (SBTPS) Provinsi Kalimantan Utara di Tanjung Selor, Selasa (16/1).

Sekretariat bersama ini dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor oleh Kementerian Dalam Negeri, Korlantas Polri, dan PT Jasa Raharja, dan kemudian ditindaklanjuti di tingkat daerah.

Dalam sambutannya, Gubernur meyakini bahwa dengan sinergi erat dalam pembinaan dan pengawasan Samsat, tidak hanya dapat mengoptimalkan potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah, khususnya sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), tetapi juga dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Gubernur Zainal juga mengharapkan hadirnya SBTPS ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak. “Masyarakat kita yang sudah berniat baik untuk memenuhi kewajibannya membayar pajak, jangan sampai dipersulit, jangan masyarakat diping-pong ke sana kemari”, tegasnya.

SBTPS juga diharapkan mampu mendukung pelayanan kepada masyarakat dengan meningkatkan akurasi data kendaraan bermotor yang valid. Diketahui, pada 2024 di Kaltara terdapat 10.184 unit kendaraan bermotor yang belum melakukan pembayaran PKB. Meski angka tersebut berkisar 2,71 persen dari total 375.152 unit kendaraan, dari sisi keuangan daerah harus tetap diupayakan dipungut pajak.

“Karena seharusnya PKB dari 10 ribu lebih kendaraan tersebut dapat menambah pendapatan daerah dan dimanfaatkan untuk membangun masyarakat Kalimantan Utara,” tutup Gubernur Zainal Paliwang.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian SBTPS tersebut, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara, Dr. Suriansyah, M.A.P., Tim Pembina Samsat Provinsi Kaltara mulai dari, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kaltara, Dr. Tomy Labo, SE., M.Si., Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Utara, Kombes Pol Arief Budiman, SH, S.I.K., Kepala PT Jasa Raharja Provinsi Kaltara-Kaltim, Syarief Muhammad Syafiq, SE., M.M., AWP, dan Perwakilan Bank Kaltimtara. (dsp/Foto:Biro Adpim)

Jl. Agatish, Tj. Selor Hilir, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77216

  • dummy bappeda@kaltaraprov.go.id

Visitor

We have 772 guests and no members online

params->get('compress_css')) { $this->helix3->compressCSS(); } if ($this->params->get('compress_js')) { $this->helix3->compressJS($this->params->get('exclude_js')); } //before body if ($before_body = $this->helix3->getParam('before_body')) { echo $before_body . "\n"; } ?>