Sosialisasi SPIP Tahun 2024 : Untuk Meningkatkan Tata Kelola Organisasi Yang Efektif Dan Efisien

Samarinda, 7 Juni 2024, Bappeda dan litbang Provinsi Kalimantan Utara hadir dalam kegiatan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2024 Provinsi Kalimantan Utara yang diselenggarakan oleh Inspektorat daerah provinsi Kalimantan Utara, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 06-07 Juni 2024, dan bertempat di Hotel Swiss-Belhotel Borneo Samarinda.

Kegiatan dibuka oleh Inspektur Inspektorat Provinsi Kalimantan Utara, Ibu Yuniar Aspiati, SE.,M.AP.,CGCAE, adapun peserta dalam kegiatan tersebut adalah assesor Pemda dan assesor perangkat daerah  yang  berasal dari 42 Perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Perwakilan  BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Totok Prihantoro dan ibu Rita Mulyani, SE. CRMO.CIAE.CGP mewakili Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

 Pada tahun 2024 Dalam rangka percepatan implementasi penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi dan upaya penyederhanaan proses bisnis akan menggunakan aplikasi e-SPIP. Dengan harapan melalui penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi berbasis digital ini dapat membantu  untuk menyediakan, 

  1. Aplikasi penilaian yang user friendly
  2. pemanfaatan pusat data nasional (PDN) sebagai infrastruktur berbagi pakai data pemerintahan
  3. penilaian penyelenggaraan maturutas  SPIP terintegrasidengan aplikasi yang telah memenuhi standar SPBE
  4. perolehan data/informasi dan memantau kondisi tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern dalam memberikan rekomendasi guna mendukung pencapaian sasaran strategis dan peningkatan kinerja pemerintah daerah
  5. pembinaan SPIP terintegrasi secara efektif, terpadu, berkesinambungan efisen, akuntabel, interoperabel dan aman.

Adapun skema penilaian SPIP terintegrasi tahun 2024 adalah sebagai berikut,

  1. Mulai dari penilaian mandiri, Perangkat daerah sudah memilki suatu fokus/ sektor
  2. Pemetaan fokus/ sektor yang akan diuji tiap-tiap OPD dilakukan oleh Bappeda
  3. fokus/ sektor ini akan berlanjut digunakan untuk penjaminan kualitas dan evaluasi

Jl. Agatish, Tj. Selor Hilir, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77216

  • dummy bappeda@kaltaraprov.go.id

Visitor

We have 84 guests and no members online