Tanjung Selor – Kepala Bappeda dan Litbang mendampingi Wakil Gubernur Kaltara pada Webinar yang diselenggarakan oleh Ombudsman Perwakilan Kalimantan Utara dengan tema “Inovasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara.” Webinar ini dihadiri oleh Asisten Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara, mahasiswa, serta masyarakat umum.

Meski sejak 2020 pandemi Covid-19 melanda Indonesia khususnya wilayah Kaltara, Pemprov. Kaltara selalu berinovasi untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan menciptakan berbagai inovasi. Ada beberapa inovasi unggulan Pemprov. Kaltara di masa pandemi Covid-19 tahun 2021, di antaranya Sipelandukilat SMART, masuk sebagai Outstanding Achievement Public Service Innovation oleh Kemenpan-RB melalui Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Kedua, Pelayanan Perizinan Online oleh Dinas PMPTSP telah memanfaatkan teknologi informasi dengan menggunakan aplikasi PESONA. Di samping itu, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik berbasis IT dan menunjang budaya pelayanan yang prima, pelaksanaan latsar dan diklat kepemimpinan dilakukan secara virtual selama masa pandemi.

Di tahun 2021, nilai indeks inovasi daerah Kalimantan Utara termasuk dalam kategori Sangat Inovatif berdasarkan hasil self assessment melalui aplikasi Innovation Government Award tahun 2021. Hal ini menandakan bahwa Pemprov. Kaltara selalu berupaya maksimal dalam mewujukan pelayanan publik yang berkualitas guna mendukung visi mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *