Tanjung Selor – Dalam Agenda Roadshow di Kalimantan, Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, berkunjung ke Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Sabtu (11/9/2021) pagi. Agendanya kali ini adalah mengunjungi peternakan kambing Boer yang dikelola oleh Bulungan Mandiri Farm di Desa Apung, Tanjung Selor.

Di lokasi ini, mantan Gubernur Sulsel dua periode itu menyempatkan diri memanen indigofera dan cempe (anak kambing) seraya memberikan bantuan program dan kegiatan pertanian kepada Pemprov Kalimantan Utara senilai Rp 16,9 miliar.

Mentan Syahrul juga akan mengucurkan dana ratusan miliar untuk pengembangan kawasan sektor pertanian terintegrasi di Provinsi termuda ini. Ia meminta agar Kalimantan Utara dapat menjadi percontohan pengembangan sektor pertanian mulai dari hulu hingga hilir. Selain bantuan, pihaknya juga menginstruksikan masing-masing Dirjennya membantu membangun pertanian dan pertenakan di Kalimantan Utara secara masif.

Gubernur Kalimantan Utara, Drs. H. Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengatakan, potensi pertanian dan peternakan di Kalimantan Utara cukup besar. Jika itu digarap maksimal, akan membangkitkan gairah perekonomian melalui sektor pertanian dalam arti luas. Lokasi peternakan kambing boer yang dikunjungi Mentan RI merupakan lokasi yang baru dibangun. Pemiliknya sendiri berinisiatif, jika anakan (cempe) sudah dipanen, akan diberikan kepada petani untuk dikelola agar produksi kambing boer meningkat signifikan.

“Potensi kambing boer menarik minat negara tetangga untuk mengonsumsinya. Salah satunya belum lama ini Negara Brunei Darussalam akan mengimpor kambing dari Kalimantan Utara untuk persiapan Idul Adha.” kata Gubernur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *