Tanjung Selor – Senin (16/08/2021) Kepala Bappeda dan Litbang Prov. Kalimantan Utara membuka Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kebijakan Inovasi Daerah, Penilaian Indeks Inovasi Daerah, serta Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 secara virtual.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah dan Peneliti Pusat Litbang Inovasi Daerah selaku narasumber, serta beberapa OPD Pemprov. Kalimantan Utara dan Bappeda dan Litbang Kabupaten/Kota. Kegiatan ini bertujuan me-refresh kembali dan sebagai upaya peningkatan pemahaman terhadap kebijakan inovasi daerah, penilaian Indeks Inovasi Daerah serta penghargaan Innovative Government Award Tahun 2021.

Indeks Inovasi Daerah Prov. Kalimantan Utara tahun 2020 termasuk dalam kategori “terinovatif” dengan skor indeks sebesar 3.110, mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya tahun 2019 masuk dalam kategori “kurang inovatif” dengan skor indeks 220, dengan urutan ke 19 dari 32 provinsi di Indonesia. Saat ini, jumlah data inovasi daerah yang baru diinput tahun 2021 berjumlah 25 inovasi, dengan total nilai kematangan sebesar 437.

Hal ini diharapkan menjadi perhatian masing-masing kepala OPD lingkup Pemprov. Kalimantan Utara dan Bappeda dan Litbang Kabupaten/Kota, bahwa pada prinsipnya penilaian ini menjadi sangat penting mengingat inovasi daerah merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *