Tanjung Selor – Senin (09/08/2021) Bappeda dan Litbang Provinsi Kalimantan Utara bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Prov. Kaltara melakukan Forum Group Discussion (FGD) yang digelar di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kegiatan survei Nilai Tambah Bruto (NTB) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang telah dilakukan di Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung untuk direkap ke dalam tabel-tabel perhitungan yang nantinya digunakan sebagai bahan analisis.

Hasil pengukuran NTB UMKM tersebut nantinya akan digunakan untuk menganalisis apakah target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2016-2021 dapat tercapai atau dievaluasi, serta untuk menetapkan kebijakan berkaitan dengan perekonomian Kalimantan Utara dalam output berupa Policy Brief. Sehingga dapat diketahui sejauh mana peranan UMKM terhadap PDRB Kalimantan Utara.

Rencananya, dalam waktu dekat survei lanjutan akan dilaksanakan di Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan. Survei tersebut bertujuan untuk memenuhi target populasi data yang dalam perhitungannya juga akan dilakukan pendekatan secara langsung dengan menganalisis pengurangan lapangan usaha pembentuk PDRB yang besar sehingga akan didapatkan angka/nilai besaran pembentuk sektor UMKM.

Ditargetkan penyelesaian kegiatan ini akan rampung pada minggu kedua bulan September tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *