Selasa (4/5/2021) Kepala Bappedalitbang dan seluruh jajaran Eselon III dan IV serta staf mengikuti Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah 2022 yang dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo dengan tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”.

Presiden Joko Widodo menekankan fokus pemulihan ekonomi pada tahun 2022. Hal itu sebagai kelanjutan dari dampak pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi sejak 2020 lalu. Pengendalian Covid-19 juga menjadi fokus sebagai upaya utama dalam memulihkan ekonomi.

“Rencana kerja pemerintah di Tahun 2022, tahun depan ini masih mengusung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural,” ujar Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional tahun 2021 di Istana Negara.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi kembali menekankan pentingnya belanja pemerintah. Terutama pada belanja sosial dan padat karya yang dapat mendorong belanja masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi didorong untuk menyelesaikan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Selain itu diharapkan pertumbuhan ekonomi dapat menggenjot pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat bersaing dalam pasar global.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan nasional (Musrenbangnas).

“RKP 2021 diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi guna mengejar target RPJMN 2020-2024, untuk itu tema RKP 2021 adalah mempercepat pemulihan ekonomi dan formasi sosial dengan fokus pada pemulihan industri pariwisata dan investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaringan pengaman sosial dan reformasi sistem ketahanan bencana,” kata Suharso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *