Tanjung Selor – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada hari Selasa (13/04/2021). Kegiatan yang bertempat di 2 lokasi yakni Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Ruang Rapat Bappeda dan Litbang tersebut digelar secara daring dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan .

Acara Musrenbang kali ini dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/ Kepala Bappenas yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembaga, Anggota DPRD dan DPD RI, Bupati/Walikota Se-Kaltara, Ketua DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota, Anggota Forkopimda Provinsi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Organisasi Kemasyarakatan serta Pimpinan Instansi Vertikal/Perguruan Tinggi/Perbangkan/Dunia Usaha.

Dalam Sambutannya, Gubernur Kalimantan Utara yang disampaikan langsung oleh Bapak Zainal Arifin Paliwang menyampaikan beberapa arahan terkait Gambaran dan Kondisi umum Daerah Provinsi Kalimantan Utara, 6 Isu Strategis Daerah, Visi dan Misi Provinsi Kalimantan Utara serta Arah Kebijakan, 10 Prioritas Daerah, Tema dan Target Pembangunan.

Sementara itu, dalam arahannya Menteri Dalam Negeri RI yang disampaikan langsung oleh Bapak Tito Karnavian menyampaikan beberapa Poin yang terkait dengan Pembangunan SDM difokuskan pada 2 hal yaitu Bidang Pendidikan dan Kesehatan. Diharapkan nantinya SDM yang dimiliki dapat berdaya saing baik dari segi Kesehatan dan kemampuan produktif (Pendidikan).

Lebih lanjut, Menteri Dalam Negeri menyinggung beberapa hal terkait Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi dan Birokrasi, Transformasi Ekonomi, Capaian Target Nasional ditengah Pandemi Covid-19, Pemulihan Ekonomi, dan Tanjung Selor sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) yang dirasa sulit karena keadaan fiskal yang rendah pada saat ini.

Dalam kesempatan ini pula, Kementerian PPN/Kepala Bappenas dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan menyampaikan Beberapa poin terkait Capaian dan Tantangan Pembangunan Nasional, Skenario Pertumbuhan Ekonomi Jangka Pendek, Arah Kerangka-kerangka Makro Nasional, Major Project di Provinsi Kalimantan Utara meliputi Pembangunan Kota Baru, Penguatan Jaminan Usaha serta 350 Korporasi Petani dan Nelayan, PKSN Kawasan Perbatasan, Akses Sanitasi Air Limbah Domestik Layak dan Aman, serta Rumah Susun Perkotaan.

Pada Sesi Tanya Jawab, Bupati/Walikota Se-Kaltara menyampaikan beberapa Usulan Prioritas terkait pembangunan Kabupaten/Kota, dilanjutkan dengan penyampaian Pokok-pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara serta Penyampaian Aspirasi oleh sejumlah Tokoh masyarakat yang dituangkan kedalam Berita Acara Musrenbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *